Rabu, 21 Desember 2011

Sejarah Uang

Diposting oleh Dyah Retno Wulandari di 12/21/2011 12:17:00 PM
Sejarah Uang

Sejarah Uang tidak lepas dari sejarah awal peradaban manusia di dunia Adalah sejarah awal manusia membuat uang logam dan kertas. Sejak ratusan tahun yang lalu Perkembangan uang ini melewati banyak proses. Termasuk diantaranya cara barter atau pertukaran barang.
Pada awalnya orang-orang pada jaman dahulu tidak Melakukan pembayaran seperti sekarang. Karena awal mulanya ide tentang uang belum ada. Dan Manusia hanya mengenal cara berburu, Menanam dan membuat pakaian sebisanya dengan sangat sederhana. Mereka awalnya tidak mengenal cara bertukar. Mereka hanya mengandalkan apa yang mereka miliki saja dari hasil berburu dan bertanam.
Barter Dalam Sejarah Uang
Dengan berkembangnya pemikiran dan bertambahnya jumlah manusia, Terciptalah ide dalam pikiran mereka untuk melakukan pertukaran. Karena setiap orang memang saling membutuhkan satu sama lain. Kemudian mereka melakukan barter, yaitu cara tukar menukar barang sesuai keinginan dan kebutuhan. Mereka menggunakan alat tukar yang terbuat dari hasil bumi seperti coklat dan sejenisnya. Lambat laun alat tukar itu berubah menjadi terbuat dari benda keras, yaitu logam.
Sejarah Uang Logam Dan Kertas
Sistem Barter membawa manusia kepada gagasan alat tukar yang lebih baik. Kemudian mereka membuat system pertukaran dengan Logam. Karena pada waktu itu Logam seperti emas dan perak memang telah menjadi barang yang berharga dan disukai. Logam juga tidak mudah rusak. Sehingga dianggap cocok sebagai alat tukar walaupun jumlah emas dan perak itu terbatas.
Penggunaan emas dan perak sebagai bahan untuk pembuatan uang dalam bentuk koin diciptakan oleh Croesus di Yunani sekitar 560-546 sebelum masehi.
Karena jumlah emas atau perak yang terbatas Dan manusia telah bisa membuat alat cetak. Kemudian Mereka menciptakan cara tukar yang lain. Adalah dengan uang kertas. Kertas ini dianggap berharga, Karena kertas tersebut diakui sebagai tanda bukti kepemilikan logam emas dan perak.
Dalam sejarah pemakaian kertas sebagai bahan uang, Cina dianggap sebagai bangsa yang pertama kali membuatnya, yaitu sekitar abad pertama Masehi, pada masa Dinasti Tang.
Setelah masa itu, barulah manusia membuat uang kertas yang dicetak menggunakan alat cetak sebagai alat pembayaran yang sah Sampai sekarang.
Kesimpulan Tentang Sejarah Uang
Sejarah uang berawal dari sistem barter yang menuju kepada perkembangan pembuatan uang logam dan kertas di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dyah Retno Wulandari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review