Jumat, 23 Desember 2011

Cara Memilih Kartu Kredit

Diposting oleh Dyah Retno Wulandari di 12/23/2011 02:40:00 PM
Cara Memilih Kartu Kredit yang Baik

Dengan semakin menjamurnya tawaran kartu kredit dari bank, kita seringkali bingung tentang bagaimana cara memilih kartu kredit yang baik. Ada yang bebas iuran tahunan, bahkan ada juga yang menawarkan hadiah. Namun jika tidak berhati-hati, kita dapat terjerat dalam hutang bahkan dikejar oleh tukang tagih. Mungkin ada sebagian dari kamu yang telah memiliki kartu kredit dari orangtua, namun mungkin banyak juga yang belum. Apapun itu, ada beberapa tips memilih dan menggunakan karu kredit dengan bijaksana.
1.      Saat memilih kartu kredit, pilihlah kartu kredit dari bank yang sudah lama menerbitkan kartu kredit.
2.      Lihatlah bunganya. Tidak berarti bank yang menerapkan suku bnga nol lebih murah dari bank yang memberi suku bunga nol lebih murah dari bank yang memberi suku bunga tiga persen, misalnya bisa jadi bank tersebut mengharuskan anda membayar cicilan yang kalau dihitung-hitung justru lebih besar dari cicilan dengan bunga.
3.      Lihatlah iuran tahunannya. Belum tentu bank yang membebaskan iuran tahun pertama berarti lebih baik. Jangan-jangan iuran di tahun kedua dan tahun berikutnya lebih mahal.
Untuk menggunakan kartu kredit secara bijaksana, kamu harus mengerti bahwa kartu kredit bukanlah alat berhutang, melainkan sekedar alat yang memudahkan dan mana dalam transaksi. Ketika kamu menggunakan kartu kredit, sebenernya kamu tengah meminjam uang pada bank. Oleh karena itu jangan pernah menggunakan kartu kredit diatas kemampuan finansialmu atau kamu akan terjebak dalam hutang.

Sumber : Adji, Wahyu. 2007. Ekonomi. Jakarta : Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dyah Retno Wulandari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review