Rabu, 21 Desember 2011

Pengecer

Diposting oleh Dyah Retno Wulandari di 12/21/2011 11:42:00 AM
Pengecer

Perdagangan eceran adalah kegiatan penjualan barang/jasa ditunjukan kepada konsumen terakhir. Pedagang eceran adalah pemilik toko/perusahaan yang kegiatan utamanya menjual barang secara eceran. Pedagang eceran dapat digolongkan sebagai berikut :
a.      Pedagang eceran kecil
Pedagang eceran kecil adalah pedagang eceran yang dalam kegiatannya mengadakan perdagangan ditempat yang tepat maupun tidak tetap.
A.     Pedagang eceran kecil yang mempunyai tempat tetap adalah para pedagang yang membuka kios, depot, warung, toko kecil, atau pasar.
1.      Kios adalah tempat usaha kecil yang menjual barang dagangan secara eceran, yang macam barangnya hanya satu atau beberap macam saja. Contoh : kios rokok, kios bunga, dsb.
2.      Depot adalah tempat usaha untuk memasarkan barang/jasa kepada para pedagang lain maupun konsumen terakhir. Contoh : depot es batu, susu murni, dsb
3.      Warung adalah tempat usaha dagang eceran kecil yang tempatnya dekat pemukiman konsumen. Contoh : warung-warung tempel seperti yang ada didekat rumah kita.
4.      Toko kecil adalah tempat usaha dagang yang skalanya lebih besar daripada warung. Contoh : toko kecil serba ada, toko kelontong, dsb.
5.      Pasar adalah tempat usaha dagang para pedagang eceran kecil yang masing-masing menempati kios, jongko, atau los yang tersedia dipasar itu.
B.     Pedagang eceran kecil yang tidak mempunyai tempat tetap, adalah para pedagang yang melakukan kegiatan dagangannya dengan cara berpindah-pindah, diantaranya adalah :
1.      Pedagang keliling
·         Yang menggunakan mobil, motor, sepeda dan roda dorong: pedagang es cream, pedagang roti, pedagang jamu, pedagang somay, dsb.
·         Yang menggunaka alat pikul : pedagang sayur, pedagang buah-buahan, pedagang perabotan, pedagang kerupuk, dll
·         Yang mengggunakan baki/baskom/kotak dan lain-lain, atau sering disebut pedagang asongan, seperti : pedagang makanan kecil, pedagang permen, dll.
·         Pedagang atau salesman yang berdagang secara door to door.
2.      Pedagang kaki lima
Pedagang kaki lima yaitu pedagang eceran yng melakukan kegiatan dagangannya dilemperan toko.
3.      Pasar berwaktu
Pasar berwaktu adalah pasar yang dibuka hanya pada waktu-waktu tertentu saja, seperti:
·           Pasar malam (dibuka pada malam hari saja, denan menggunakan tempat pelataran tertentu, halaman, lapangan atau jalan yang sengaja ditutup)
·           Pasar sebulan sekali atau pasar kaget, yaitu pasar yang ada hanya sebulan sekali atau waktu-waktu tertentu saja, seperti : pasar ditempat oran-orang mengambil gaji pensiunan.
·           Pasar murah (setahun sekali). Yang sering diadakan organisasi wanita, pemuda dan lain-lain.
b.      Pedagang eceran besar
Para pedagang eceran besar pada umumnya adalah para pengusaha/pedagang yang bermodal relatif besar, tempat usahanya besar dan menetap, serta berada dilokasi strategis. Jenis barang yang diperdagangkan dapat hanya satu jenis, namun ada pula yang persediaannya berjumlah besar. Tempat-tempat strategis yang digunakan untuk membuka usaha perdagangan dapat di pusat kota mapun yang berdekatan dengan kediaman konsumen yang dianggap potensial sebagai pembeli.

Sumber : Puspitasari, Devi. 2007. Kewirausahaan Merencanakan Usaha Mikro/Makro. Jakarta: CV Pandu Karya

3 komentar:

Unknown mengatakan...

nuhun

Aini mengatakan...

terimakasih:)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Posting Komentar

 

Dyah Retno Wulandari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review