Jumat, 23 Desember 2011

Asal Usul Bank

Diposting oleh Dyah Retno Wulandari di 12/23/2011 01:32:00 PM
Asal Usul Bank

Sebagian dari jasa perbankan yang kita nikmati saat ini sebenernya sudah dipraktikkan sejak zaman Cina dan Yunani Kuno, dimana perdagangan berkembang. Kuil-kuil di Babilonia telah mendirikan usaha kredit sejak tahun 2000 SM. Kuil-kuil bangsa, Yunani kuno berfungsi sebagai safe deposit box, berisikan barang-barnag berharga milik pemuja kuil tersebut. Bangsa Yunani juga mulai menciptakan uang dan membangun sistem perkreditan. Namun adalah bangsa Romawi yang membangun sistem perbankan sistem perbankan yang baik dan menciptakan sistem dimana bankir bisa menerima penyimpana uang, memberikan pinjaman dan kredit perumahan. Sayangnya, bersamaan dengan jatuhnya Roma di tahun 476, perbankan ikut mengalami kemunduran di Eropa.
Sejalan dengan meningkatnya perdagangan pada abad ke 13 di Italia, maka bangkit pula peran perbankan. Para pedagang mata uang asing di Italia mulai menciptakan sistem dan berbagai fasilitas untuk melayani valuta asing dengan cepat. Para pedagang juga menginginkan adanya fasilitas lain seperti peminjaman uang dan secara bertahap jasa perbankan semakin meluas.
Namun, bank pertama yang menawarkan fungsi sebagaimana layaknya bank saat ini adalah Bank Barcelona di Spanyol yang dibangun pada tahun 1401. Bank ini menawarkan jasa simpanan, penukaran mata uang, dan kredit. Bahkan dipercaya bank ini telah memperkenalkan sistem cek yang kita kenal saat ini. Kemudian berdiri Bank of Amsterdam (1509), Bank of Venice (1587) dan Bank of Hamburg (1619) yang menjadi fondasi bagi pembentukan bank modern saat ini.

Sumber :
Adji, Wahyu. 2007. Ekonomi. Jakarta : Erlangga

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih..............singkat dan jelas bro

Posting Komentar

 

Dyah Retno Wulandari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review