Nama Anggota :
1. Dyah Retno Wulandari (22211296)
2. Erni Rismayana (22211475)
3. Nur Rindi Dwi J (25211323)
4. Velly Nuroctavia (27211253)
5. Widya Ayu Nurhayati (27211386)
Kelas : 1EB 211. Dyah Retno Wulandari (22211296)
2. Erni Rismayana (22211475)
3. Nur Rindi Dwi J (25211323)
4. Velly Nuroctavia (27211253)
5. Widya Ayu Nurhayati (27211386)
Tugas Pengantar Bisnis
Bab 4
1. Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta !
Jawab :
· Wiraswasta adalah bidang usaha/perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu.
· Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan : berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi kerja keras, kreatif inovatif, motivasi berprestasi, dll.
Unsur yang dimiliki wiraswasta yaitu :
· Unsur Pengetahuan,
· Unsur Keterampilan,
· Unsur Sikap Mental, dan
· Unsur Waspada.
2. Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia searching di internet ?
Jawab :
Bisnis waralaba di Indonesia mulai marak pada sekitar tahun 1970an dengan bermunculannya restaurant-restaurant cepat saji (fast food) seperti KFC dan Pizza Hut. Hingga tahun 1992 jumlah perusahaan waralaba di Indonesia mencapai 35 perusahaan, 6 diantaranya adalah perusahaan waralaba lokal dan sisanya 29 adalah waralaba asing. Perkembangan waralaba asing dari tahun ke tahun berkembang pesat sebesar 710% sejak tahun 1992 hingga tahun 1997, sedangkan perkembangan waralaba lokal hanya meningkatkan sebesar 400% (dari sejumlah 6 perusahaan menjadi 30 perusahaan).
Bisnis waralaba di Indonesia mulai marak pada sekitar tahun 1970an dengan bermunculannya restaurant-restaurant cepat saji (fast food) seperti KFC dan Pizza Hut. Hingga tahun 1992 jumlah perusahaan waralaba di Indonesia mencapai 35 perusahaan, 6 diantaranya adalah perusahaan waralaba lokal dan sisanya 29 adalah waralaba asing. Perkembangan waralaba asing dari tahun ke tahun berkembang pesat sebesar 710% sejak tahun 1992 hingga tahun 1997, sedangkan perkembangan waralaba lokal hanya meningkatkan sebesar 400% (dari sejumlah 6 perusahaan menjadi 30 perusahaan).
Namun sejak krisis moneter tahun 1997, jumlah perusahaan waralaba asing mengalami penurunan pertumbuhan sebesar -9,78% dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2001. Hal ini disebabkan karena terpuruknya nilai rupiah sehingga biaya untuk franchise fee dan royalti fee serta biaya bahan baku peralatan dan perlengkapan yang dalam dollar meningkat. Hal tersebut mempengaruhi perhitungan harga jual produk atau jasanya di Indonesia. Sebaliknya waralaba lokal mengalami peningkatan pertumbuhan rata-rata sebesar 30%. Pada tahun 2001 jumlah waralaba asing tumbuh kembali sebesar 8.5% sedangkan waralaba lokal meningkat 7.69% dari tahun 2000. Perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Tabel 1. Perkembangan Waralaba di Indonesia
Tahun | Jumlah Waralaba Asing | Jumlah Waralaba Lokal | Total |
1992 1995 1996 1997 2000 2001 | 29 117 210 235 212 230 | 6 15 20 30 39 42 | 35 132 230 265 251 272 |
Sumber data : Deperindag, 2001
Menurut Anang Sukandar, ketua asosiasi franchise Indonesia (2002) bisnis waralaba lokal merupakan usaha yang prospektif dikembangkan di Indonesia. Berdasarkan analisa SWOT, juga dapat disimpulkan bahwa bisnis waralaba sangat cocok dikembangkan oleh UKM.
3. Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang :
- Pendidikan
- Kesehatan
- Salon & Perawatan
- Makanan dalam negeri / local
- Otomotif
Jawab :
a. Pendidikan
· Nurul Fikri,
· LIA
· Ganesha Operation (GO),
· International Language Programs (ILP), dan
· Kumon.
b. Kesehatan
· Century Health & Care,
· Guardian,
· Apotik K-24,
· Kimia Farma, dan
· Aquacia.
c. Salon & Perawatan
· Johnny Andrean,
· Ratna Dewi Skin Care,
· Mustika Ratu,
· Rudy Hadisuwarno, dan
· Sari Ayu.
d. Makanan dalam negeri / local
· Bakmi GM,
· Ayam Lepas,
· Solaria,
· Es Teller 77, dan
· J.Co Donuts and Coffee.
e. Otomotif
· Cars Beauty Care,
· The Auto Bridal Indonesia,
· Adira,
· Garda Oto, dan
· Moto Mate
4. Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata !
Jawab :
Sebenarnya kewirausahaan dengan bisnis kecil sama aja, namun pada prinsipnya mereka mempunyai perbedaan yang signifikan yaitu:
a. Kewirausahaan lebih dari sekedar untuk menghasilkan pendapatan, seperti pada usaha kecil, tetapi bisa menghasilkan kemakmuran yang substansial.
b. Bisnis kecil bisa menghasilkan keuntungan setiap hari, tetapi wirausahawan mungkin bisa menghasilkan keuntungan dalam 5 tahun.
c. Resiko dari kewirausahaan tinggi, tapi dengan kepastian insentif dari laba membuat wirausahawan akan mengejar ide kreatif dan memperoleh kesempatan.
d. Kewirausahaan selalu melibatkan inovasi diatas apa yang dilakukan oleh bisnis kecil.
e. Kewirausahaan dimulai dari sederhana, begitu juga bisnis kecil ia dimulai dari ide sederhana.
0 komentar:
Posting Komentar