Konsumsi dan Perilaku Konsumen
Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang dan jasa. Kecenderungan mengkonsumsi disebut dengan pola konsumsi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumsi
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi konsumen dapat dibedakan menjadi dua : faktor internal dan faktor Eksternal.
· Faktor Internal
1. Pendapatan
2. Motivasi
3. Sikap dan kepribadian
4. Selera
· Faktor eksternal
1. Kebudayaan
2. Status sosial
3. Harga barang
Perilaku Konsumsi
Bila dilihat dari segi pertimbngan rasional, perilaku konsumen dalam berbelanja dibedakan menjadi dua macam : Perilaku konsumsi rasional, dan Perilaku Konsumsi Irrasional.
· Perilaku Konsumsi Rasional, yaitu perilaku konsumen yang didasari atas pertimbangan rasional dalam mengonsumsi suatu produk. Suatu pembelian dapat dikatakan rasional, bila dasar pertimbangannya adalah sebagai berikut :
1. Produk tersebut mampu memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
2. Produk tersebut benar-benar dibutuhkan konsumen.
3. Mutu produk terjamin.
4. Harga terjangkau dan sesuai dengan kemampuan konsumen
· Perilaku konsumsi tidak rasional. Sebuah tindakan dalam berbelanja dapat dikatakan tidak rasional bila seorang konsumen memutukan membeli barang tanpa pertimbangan yang baik. Contohnya :
1. Membeli barang hanya karena tertarik dengan iklannya.
2. Tertarik membeli barang hanya karena merknya yang terkenal.
3. Membeli barang hanya karena obral atau untuk memperoleh bonus.
4. Konsumsi hanya untuk pamer atau gengsi, bukan karena kebutuhan akan barang tersebut.
Rasional atau tidaknya seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi sangat dipengaruhi oleh :
1. Tingkat pendidikan
2. Tingkat kedewasaan
3. Kematangan Emosional.
Sumber : Adji, Wahyu. 2007. Ekonomi. Jakarta : Erlangga
0 komentar:
Posting Komentar