Kamis, 21 Juni 2012

E-Commerce

Diposting oleh Dyah Retno Wulandari di 6/21/2012 09:26:00 PM
E-Commerce (Perdagangan Elektronik)

Menjual dan membeli(perdagangan) sudah biasa dilakukan oleh setiap orang. Kegiatan perdagangan secara mudah sudah bisa kita lihat melalui berbagai media. Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan budaya dan tatacara dalam transaksi jual beli.
Pada era teknologi informasi maju atau information age seperti saat ini, media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi, termasuk komunikasi bisnis.
1.    Ecommerce
E-Commerce adalah kependekan dari electronic commerce (perdagangan secara elektronik), adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik. Seperti televisi, radio, dan jaringan komputer atau internet. E-commerce meliputi transfer dana secara elektronik, pertukaran, dan pengumpulan data. Semua diatur dalam sistem manajemen inventori otomatis.
Tiga jenis E-commerce adalah perusahaan ke konsumen, konsumen ke konsumen, dan perusahaan ke perusahaan. Perusahaan ke konsumen adalah penjualan barang jasa kepada masyarakat umum, contohnya Dell. Konsumen ke konsumen terjadi ketika seorang konsumen menjual langsung ke orang lain, seperti pada lelang online. Ebay adalah salah satu situs lelang online yang paling populer.
Tidak bisa dipungkiri lagi, E-commerce telah mengubah paradigma proses pengembangan, pemasaran, penjualan pemesanan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran, dsb. Pendekatan pemasaran produk dan jasa berganti dari offline menjadi online dan lebih interaktif. Pada mulanya perdagangan elektronik ini hanya sebatas pengiriman dokumen komersial saja seperti pesanan pembelian secara elektronik. Kemudian ecommerce berkembang menjadi perdagangan web, yaitu pembelian barang atau jasa melalui WWW. Perdagangan web ini sudah menggunakan jalur (server) yang aman, server protokol semacam HTTPS.
Dewasa ini, perdagangan web dengan menggunakan server protokol HTTPS banyak diminati oleh masyarakat bisnis di seluruh dunia. Banyak perusahaan dan pembisnis mengembangkan situs web komersial untuk menjaring pasar dunia yang lebih luas dan tidak mengenal batas

2.    Keunggulan dan Manfaat E-commerce
Kalangan bisnis melihat e-commerce adalah sebagai suatu kemungkinan bisnis yang baru dengan banyak sekali keunggulan yang dipunyainya. Berbagai keunggulan itu antara lain:
a.    Jangkauan atau cakupan yang luas dan basis konsumen yang besar.
b.    Pendapatan yang terus bertambah.
c.    Penghematan biaya
d.    Hubungan yang lebih baik dengan konsumen.
Terdapat dua aspek manfaat penggunaan e-commerce melalui internet dalam bisnis:
a.    New Concept Support Capabilities
Dengan menggunakan fasilitas internet konsumen bisa lebih bebas mengakses informasi yang dibutuhkan (mengenai produk, pelayanan, dan lain-lain).
b.    New Marketing Channel
Internet tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumen, tapi juga memberikan cost effective bagi perusahaan untuk membuka saluran pemasaran yang baru.
c.    Attrack new customer
Studi yang dilakukan oleh Daniel dan Strrey yang dikutip oleh Martin et.al, (1997) di industri perbankan menemukan bahwa adanya layanan perbankan electronik membuat nasabah tidak berpindah ke bank lain
d.    Single point of contact
Dengan internet sangat mungkin terjadinya single point of contact bagi pelanggan, karena pelanggan dengan cukup satu kali mengakses ke website tertentu, mereka bisa mengakses banyak produk dari berbagai macam divisi dalam perusahaan yang sama.
e.    Market research
Memberikan informasi pada pelanggan melalui iklan dan membangun kesadaran merk.
Secara prakmatis dapat dikatakan bahwa berbisnis dengan e-commerce memberikan berbagai manfaat dan keuntungan, seperti:
a.    Kemampuan untuk bisa diakses jauh lebih luas atau melebarkan jangkauan (global reach).
b.    Revenue stream yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvensional.
c.    Meningkatkan market exposure.
d.    Memperpendek waktu product-cycle.
e.    meningkatkan customer loyality.
f.     Menaikkan value chain dengan mengkomplemenkan business practice, mengkonsolidasikan informasi dan membukanya kepada pihak-pihak yang terkait di dalam value chain.
g.    Meningkatkan daya saing dan kualitas layanan.
h.    Mengurangi mata rantai untuk pengadaan produk dan meningkatkan supply management.
i.      Efisiensi biaya atau menurunkan biaya operasi (operating cost efficiency).
j.       Peluang lahirnya bisnis atau produk dan layanan baru.

3.    Aplikasi Bisnis yang berkaitan dengan E-Commerce
Berikut adalah aplikasi bisnis yang berkaitan erat dengan e-commerce :
a.    Email dan Messaging : untuk menerima pesan berupa permintaan serta penawaran produk dari buyer kepada anda.
b.    Content Menagement System : penempatan fitur-fitur homepage harus jelas dan memudahkan user membuka toko online anda.
c.    Document, spreadsheet, database : untuk menampung semua data dan dokumen.
d.    Akunting dan Sistem Keuangan : untuk mengatur keluar masuknya uang hasil toko onlinenya.
e.    Informasi pengiriman dan pemesanan
f.     Pelaporan informasi dari klien dan enterprises
g.    Sistem pembayaran domestik dan internasional.
h.    Newsgroup : mengiformasikan apapun kegiatan toko online kita.
i.      Online Shopping
j.      Conference : sebagai ajang komunikasi kita bersama pelanggan.
k.    Online banking.

Referensi :
Cashman, Shelly. 2007. Discovering Computers. Jakarta : Salemba
Wong, Jony. 2010. Internet Marketing For Beginners. Jakarta : Elex Media Komputindo
Ding, Julian (1999), E-Commerce: Law and Practice, Kuala Lumpur: Sweet and Maxwell Asia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dyah Retno Wulandari Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review