Pages

Jumat, 23 Desember 2011

Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik terletak diantara pasar persaingan sepurna dan pasar monopoli, tetapi porsinya lebih dekat dengan pasar persaingan sempurna.
Di pasar ini, sejumlah besar pembeli dan penjual saling menukarkan produk yang relatif berbeda sehingga setiap peserta memiliki sedikit kemampuan untuk menetapkan harga produknya.
Karena harga dipengaruhi oleh diferensiasi produk, produsen berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar. Sebagai akibatnya, kreativitas produsen akan meningkat.
Dilihat dari segi jumlah pemain, ada banyak pemain di pasar persaingan monopolistik namun tidak sebanyak pasar dengan persaingan sempurna. Meskipun demikian, persaingan sangat ketat karena biasanya didominasi produk-produk yang telah ternama. Pembeli juga tidak mudah berpindah dari produk satu ke produk lain. Contoh pasar persaingan monopolistik adalah pasar novel, kartu ucapan, film, kaset, CD, atau permainan komputer.
Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik
1.      Terdapat banyak penjual tetapi tidak sebanyak dalam persaingan sempurna.
2.      Terdapat diferensiasi (perbedaan produk).
3.      Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu.
4.      Terdapat persaingan yang ketat dalam kualitas dan iklan
Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
1.      Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna.
2.      Memacu kreativitas produsen.
3.      Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.
Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik
1.      Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik
2.      Persaingan sangat berat.

Sumber : Adji, Wahyu. 2007. Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar